Laman

Minggu, 17 Juli 2011

Fiesta Bokor Riviera

       Fiesta Bokor Riviera adalah Festival Musik, Tari dan Kebudayaan daerah khususnya daerah-daerah sungai, muara sungai dan tepi pantai. Riviera sendiri berdasarkan Wikipedia adalah merujuk kepada istilah Italia sejak abad pertengahan untuk menunjuk suatu daerah pantai di Liguria, daerah di barat-laut Italia. Saat ini, riviera secara umum digunakan untuk menunjukkan daerah-daerah tepi pantai dan sungai (river) serta daerah pesisir laut. 
Awalnya Riviera adalah daerah Liguria Italia dan daerah-daerah terdekat dan berhubungan dengannya yaitu : 

1.  Italian Riviera, daerah-daerah pantai antara La Spezia sampai ke Vintimiglia yaitu daerah yang berbatasan dengan Prancis.
2. French Riviera, daerah antara Hyeres dan Menton sebagai daerah laut timur Alpen (Eastern Alpes Maritimes).

     Sesuai perkembangan zaman, semakin banyak tempat lain yang disebut Riviera juga seperti : Sochian Riviera (Rusian Black Sea Coast), Albanian Riviera, Austrian Riviera (former coastline of Austria-Hungary near Trieste on the Adriatic Sea now part of Italy and Slovenia), Makarska Riviera (Croatia), Budva Riviera (Montenegro), Bulgarian Riviera (Bulgaria's Black Sea Coast), Romanian Riviera (Romania's Black Sea coast), English Riviera (Torbay in the South West of England), Florida Panhandle, (a region of Florida near Panama City also called the Redneck Riviera or Emerald Riviera), Gold Coast (Queensland also known as the "Australian Riviera"), Irish Riviera (various locations in the United States with high populations of Irish Americans, including Rockaway Beach, Queens, Spring Lake, New Jersey, and South Shore, Massachusetts), Long Beach (New York, once known as the Riviera of the East), Riviera Maya (the southeastern part of Mexico on the Yucatan Peninsula), Crimean Riviera (Ukrainian Black Sea Coast), Redneck Riviera (a colloquial term for the Southern U.S. coast from Mobile, Alabama to Apalachicola, Florida), Mexican Riviera (the western coast of Mexico including Acapulco), American Riviera (Miami Beach at Florida and Santa Barbara at California), Pondicherry (India, known as La Côte d'Azur de l'Est "The French Riviera of the East"), Red Sea Riviera (the eastern shore of Egypt), Egypt's Mediterranean Riviera, Turkish Riviera (also known as the Turquoise Coast), Worthing Riviera (West Sussex, also known as the Sussex Riviera), Chinese Riviera (Coastal Region in Zhuhai China, "The Romantic City"), BOKOR RIVIERA (Sungai Bokor, hutan bakau, Desa Bokor, Kecamatan Rangsang Barat, Kabupaten Meranti). 

Bokor sendiri merupakan nama desa di Kecamatan Rangsang Barat, Kabupaten Meranti Propinsi Riau dengan titik koordinat 1"02'50.05 North (Lintang Utara) dan 102"45'26.25 East (Bujur Timur). 

Peta Lokasi Sungai Bokor dan Desa Bokor
Kecamatan Rangsang Barat
Kabupaten Meranti
Propinsi Riau

Propinsi Riau adalah propinsi yang dialiri oleh sungai-sungai besar dan sungai-sungai kecil. Terdapat 5 sungai besar yang mengaliri Propinsi Riau yaitu, Sungai Siak, Sungai Rokan, Sungai Indragiri/Kuantan (2 nama 1 sungai, Indragiri di hilir dan Kuantan hulu), Sungai Kampar dan Sungai Gangsal. Semua sungai besar tersebut dapat dilayari dengan kedalaman rata-rata antara 6-12 meter. 
"Bagaikan Aur dengan Tebing" sebagai perumpamaan bahasa Melayu yang menggambarkan keeratan antara Aur/bambu dengan tebing sungai. Sesuai topografi sungai di Riau yang umumnya bertebing curam dengan ketinggian yang berbeda-beda. Aur membutuhkan tebing untuk tempat tumbuh. Sedangkan tebing membutuhkan aur untuk penahan runtuh. Dengan demikian sungai akan terawat. 

Usaha perawatan sungai yang menyatu dengan kebudayaan Melayu digempitakan dalam sebuah perhelatan akbar Fiesta Bokor Riviera 2011. Dewan Kesenian Kabupaten Meranti diwakili oleh Suryadi dan Fran Armayadi bekerjasama dengan Sanggar Bathin Galang yang diketuai oleh Sopandi, S.Sos berniat melaksanakan hajat tersebut di bulan Juli 2011 tepatnya tanggal 16,17 dan 18 berkesesuaian dengan pasang besar di daerah tersebut sekaligus musim buah-buahan terutama durian dan manggis.

Cerita awal bermula ketika Sanggar Bathin Galang dibawa oleh Dewan Kesenian Meranti ke acara Kenduri Seni di Batam pada 11 November 2010 yang lalu. Dalam bual-bual sedap (perbincangan) terbetiklah niat ketua Sanggar Bathin Galang, Sopandi untuk membuat acara yang sama dengan fokus pada alam terbentang yaitu sungai sebagai urat nadi kehidupan. 

Sang Budayawan Riau, Prof. DR. Yusmar Yusuf pun diundang untuk perencanaan dan pelaksanaan perhelatan besar ini. Muncullah kata fiesta dan riviera yang ditujukan sebagai sebuah pesta rakyat tepi sungai dan tepi pantai yang bergaung ke seluruh pelosok dunia dengan tagline "Menghulu Bokor, Muliakan Nilai".

Kerja besar dimulai dari yang kecil.

Bismillahirrahman nirrahim langkah bermula,
Selalu berdoa janganlah lupa.
Mengeluarkan segala daya upaya,
Menjunjung marwah dan budaya.


Persiapan logo.


fiesta-bokor_riviera_logo

0 komentar:

Posting Komentar

Habis dibaca, jangan lupa komentarnya y...

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...