Laman

Rabu, 11 Mei 2011

Cara Kalibrasi baterai Macbook

Sebelum membahas tips ini mari kita lihat dulu apa fungsi dari kalibrasi battre. Kalibrasi pada battre Mac (baca: Macbook atau MacbookPro) anda dapat membuat battre anda sehat dan battre menjadi awet. Kenapa sehat? karena proses kalibrasi ini membuat battre Mac anda “olahraga” apalagi jika dilakukannya secara rutin. Dikatakan “olahraga” karena proses kalibrasi ini, battre dibuat mencapai batas minimal dan maximal dari kemampuan battre tersebut.
Baiklah kita mulai tips untuk kalibrasi battre ini
  • Lakukan pengkalibrasian battre ini pada waktu malam hari, karena proses ini memakan waktu yang cukup lama
Battre 100% Penuh
Battre 100% Penuh
  • Chargerlah Mac anda hingga kapasitas penuh 100% dan lampu indikator Magsafe berwarna hijau
Peringatan untuk mencharge battre Mac
Peringatan untuk mencharge battre Mac
  • Setelah itu lepas Magsafe dan biarkan Mac anda bekerja dengan battre hingga kapasitas 5% dan keluar peringatan seperti diatas
  • Tutuplah layar LCD Mac anda hingga lampu led kelap-kelip, ini menunjukan Mac anda dalam keadaan Sleep dan biarkan hingga lampu led tersebut benar-benar mati (ini memakan waktu 7-8 Jam), sambil menunggu anda bisa tidur.
  • Esok harinya (ketika lampu led sudah mati) lakukanlah step nomer 2 diatas
  • Lakukanlah kalibrasi battre ini dengan rutin setidaknya 1-2x dalam sebulan
Selain itu ada tips lain agar kalibrasi bisa dilakukan lebih cepat, yaitu dengan cara “bypass”, yaitu sebelum kondisi battre 5% dan muncul peringatan, simpan semua pekerjaan anda lalu restart Mac anda lalu tekan tombol “Option” hingga Mac anda mati total.
Dari beberapa kasus yang saya lihat di forum Mac tentang kalibrasi battre ini, kalibrasi dapat menaikan dan menurunkan Health battre. Kenapa menaikan? karena battre anda kembali sehat setelah sel-sel elektron dalam battre tersebut dibuat “olahraga”. Kenapa menurunkan? karena setelah “olahraga” battre tersebut menunjukan keadaan yang sebenarnya yang sudah menurun kondisinya.
Battre pada Mac bersifat Consumable sama seperti halnya toner pada printer yang akan habis (berkurang amperenya jika pada Battre) dimakan waktu. Tapi kita dapat membuatnya lebih awet dengan cara Kalibrasi ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Habis dibaca, jangan lupa komentarnya y...

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...